Monday, May 14, 2012

Apakah Anda Kecanduan Facebook?

Kecanduan Facebook
Apakah Anda seorang yang gemar menggunakan facebook atau apakah Anda seorang pecandu facebook? Baru-baru ini ada sebuah penelitian oleh Dr. Cecilie Schou Andreassen yang menyatakan kenyataan pahit bahwa banyak dari pengguna Facebook adalah tidak ada bedanya dengan orang "pencandu narkoba" karena sangat seringnya mereka menggunakan Facebook sehingga lupa dengan yang lainnya, sehingga banyak hal yang bermanfaat terlalaikan.

- Hal ini terjadi lebih sering pada para pemuda dibanding para pengguna yang lebih tua. Kami juga telah menemukan bahwa orang yang cemas dan tidak aman secara sosial menggunakan Facebook lebih sering dari pada yang jarang menggunakan, mungkin karena mereka merasa lebih mudah untuk berkomunikasi melalui media sosial dari pada tatap muka, kata Andreassen.

Orang yang terorganisir dan lebih ambisius cenderung kurang beresiko dari kecanduan Facebook. Mereka akan sering menggunakan media sosial sebagai bagian integral dari pekerjaan dan jaringan.

- Penelitian kami juga menunjukkan bahwa wanita lebih berisiko terkena kecanduan Facebook, mungkin karena sifat sosial Facebook, kata Andreassen

Menurut Andreassen, penelitian juga menunjukkan bahwa kecanduan Facebook terkait dengan extraversion. Orang yang sangat sering (menggunakan media sosial) cenderung tidurnya terganggu.


Enam tanda kecanduan Facebook

Facebook sudah menjadi seperti televisi dalam kehidupan kita sehari-hari, hal ini menjadi semakin sulit bagi banyak orang untuk tahu apakah mereka kecanduan media sosial (atau tidak). Penelitian Andreassen menunjukkan bahwa gejala kecanduan Facebook mirip dengan kecanduan narkoba, kecanduan alkohol, dan kecanduan zat kimia lainnya.

Kecanduan Facebook bisa dikategorikan menjadi enam kriteria dasar, enam kriteria itu adalah: (1) Sangat jarang, (2) Jarang, (3) Kadang-kadang, (4) Sering kali, dan (5) Sangat sering:
  • Anda menghabiskan banyak waktu hanya untuk berpikir tentang Facebook atau rencana penggunaan Facebook.
  • Anda merasakan dorongan kuat untuk menggunakan Facebook lebih sering lagi.
  • Anda menggunakan Facebook untuk melupakan tentang masalah pribadi.
  • Anda telah mencoba untuk mengurangi penggunaan Facebook tapi tidak berhasil.
  • Anda menjadi gelisah atau bermasalah jika Anda dilarang untuk menggunakan Facebook.
  • Anda sangat sering menggunakan Facebook sehingga berdampak negatif pada pekerjaan Anda / studi.
Penelitian Andreassen menunjukkan bahwa penilaian dari "sering" atau "sangat sering" setidaknya ada empat dari enam item yang mungkin menunjukkan bahwa Anda kecanduan Facebook.

Itulah berbagai macam tanda yang telah diteliti Andreassen tentang para pengguna Facebook sehingga mereka bagaikan pencandu narkoba atau yang lainnya. Bagi Anda yang selamat dari tanda-tanda tersebut saya ucapkan selamat karena Anda seorang yang menjaga waktu dengan baik.

Untuk Anda yang mendapati tanda-tanda atau salah satu tanda diatas maka segeralah untuk memperbaiki sebelum rasa candu menjadi lebih parah dengan cara mengisi waktu dengan sebaik-baiknya.

* * *

Referensi: Universitas Bergensis