Thursday, February 16, 2012

Tiada Kata Sibuk

Manajemen waktu berarti menerima nilai lebih banyak dari waktu yang sudah digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup. Kunci untuk manajemen waktu yang sukses adalah perencanaan dan menerapkannya dalam rencana yang sama. Manajemen waktu membantu kita untuk melihat kembali rencana agar menjadi lebih produktif dan efisien. Ini adalah menemukan cara untuk melakukan tugas yang sama dalam waktu yang tetap dan menjaga atau meningkatkan standar kualitas.

Mengubah kebiasaan manajemen waktu yang buruk menjadi lebih baik tentu saja membutuhkan waktu dan usaha. Lifemojo memberikan tips berikut ini untuk membantu Anda memperkuat produktivitas.

Tips Bagi Anda yang Sibuk
* Belajar memprioritaskan.

Ada perbedaan besar antara tugas-tugas yang mendesak, penting, dan tidak begitu penting. Prioritaskan tanggung jawab pada kegiatan yang sangat penting. Gunakan teknik ABC untuk membagi tugas-tugas dalam kategori ini. Grup A termasuk tugas yang mendesak, Grup B termasuk tugas-tugas yang penting, dan Grup C termasuk yang tidak begitu penting. Lakukan tugas-tugas sesuai dengan prioritasnya. Ingatlah 80% imbalan datang dari 20% kegiatan yang Anda kerjakan. Sisi lain yang paling penting dari prioritas adalah belajar untuk mengatakan “Tidak”. Untuk melakukan tugas yang paling penting, mungkin Anda harus mengatakan “tidak” kepada yang kurang penting. Hindari melebihi dari komitmen waktu Anda.

* Rencanakan hari.

Rencanakan hari Anda di atas kertas. Lakukan hal itu tidak boleh lebih dari 20 menit sehari. Perkirakan waktu untuk setiap tugas yang Anda lakukan dan tetap berpegang pada waktu yang sudah dialokasikan.

* Mulailah hari Anda dengan cara benar.

Sibuk sepanjang hari berarti Anda terus-menerus kewalahan serta bergegas untuk menyelesaikan tugas, yang akan membuat kekacauan pada kemampuan Anda mengatur waktu. Akibatnya, produktivitas Anda terganggu. Gunakan 10 menit untuk duduk diam setiap pagi. Selama sepuluh menit itu, ambil napas dalam-dalam dan rencanakan hari Anda.

* Multi-task.

Saran lain, gabungkan beberapa kegiatan dalam satu waktu. Contohnya, ketika bepergian untuk bekerja, bisa disambi dengan membaca surat kabar. Anda akan memiliki lebih banyak waktu jika melakukan beberapa kegiatan sekaligus. Ingatlah, untuk tidak menurunkan kualitas pekerjaan Anda saat multitasking.

- Gunakan aturan “Dua atau Lebih”. Jika kewalahan dengan tugas-tugas, berpkirlah kembali, dan kemudian fokuskan pada dua tugas yang paling penting. Setelah selesai, kerjakan dua tugas lagi.

- Hindari penundaan. Jika Anda akan mengatur waktu secara efisien, belajarlah bagaimana meminimalkan penundaan. Alasan orang menunda-nunda adalah karena mereka tidak suka melakukan aktivitas tersebut.  Untuk menghindari penundaan, bagilah kegiatan yang sama ke bagian yang lebih kecil lagi dan kerjakan satu per satu. Dengan melakukan sedikit demi sedikit, akhirnya pekerjaan pun selesai.

- Mengelola informasi. Dalam era informasi ini, begitu banyak pengetahuan sehingga sulit untuk mengelolanya. Belajarlah untuk mendapatkan informasi yang dikelola secara terorganisir. Akan lebih mudah untuk menyelesaikan tugas jika informasi yang didapat diatur. Dokumentasi merupakan cara yang baik untuk mengelola informasi secara efektif. Pastikan pengambilan informasi juga merupakan tugas yang mudah, jika tidak, Anda akan membuang-buang banyak waktu untuk hal itu.

* Belajarlah untuk mendelegasikan.

Jika Anda tidak belajar mendelegasikan tugas yang kurang penting, maka Anda akan menjadi sangat sibuk, frustasi, dan kelelahan. Jangan mencoba untuk melakukan semuanya sendiri. Tugaskan pekerjaan kepada orang lain. Agar pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain hasilnya baik, pastikan mengkomunikasikan tugas dengan baik.

* Istirahat.

Sisihkan waktu untuk istirahat di siang hari untuk menyegarkan dan memulihkan diri. Manajemen waktu bukanlah bekerja lebih dalam waktu yang kurang, tetapi bekerja secara efisien dan produktif. Jika tidak beristirahat cukup, maka anda pun akan kelelahan. Rencanakan keluar rumah pada akhir pekan. Pergi ke bioskop, menemui seorang teman, atau berjalan-jalan.

* Tidur yang cukup.

Tidak dianjurkan untuk bekerja berjam-jam di malam hari, karena akan berpengaruh pada kesehatan dan produktivitas. Tanpa tidur yang cukup, Anda akan merasa lesu sepanjang hari dan tidak bisa fokus pada tanggung jawab yang sudah ada.

Waktu itu berharga. Manajemen waktu membantu Anda menjadi lebih dinamis, menang, dan mengurangi stres. Kunci manajemen waktu mengharmonisasikan kegiatan Anda sehingga hidup bukan hanya untuk bekerja saja, tetapi juga bermain. Pada akhirnya akan lebih banyak tugas yang selesai dan Anda pun bahagia.

source: intisari